Ketahui Penyebab Dada Sering Sesak dan Cara Mengatasinya


Manusia membutuhkan oksigen untuk menopang kehidupan selama ini. Kemampuan bernapas merupakan sistem yang mendukung kelangsungan hidup tersebut. Bila terjadi gangguan pernapasan, maka penurunan kualitas hidup bisa terjadi seperti butuh obat-obatan atau alat bantu pernapasan. Namun, pernahkah Anda merasa sesak napas dan dada terasa sakit? Sebaiknya Anda mengetahui alasan kenapa dada sering sesak, ya!

Cara Mengatasi Dada Sering Sesak

Kenapa dada sering sesak bukan hal yang Anda pertanyakan saja sebab ada sebagian orang yang mengeluhkan dada terasa sesak. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang mengakibatkan kondisi tersebut seperti obesitas, melakukan olahraga yang terlalu ekstrim, berada di area yang terlalu dingin, atau mengalami penyakit tertentu.

Ada beberapa penyakit yang bisa menyebabkan masalah dada sering sesak seperti pilek, alergi, asma, sinusitis, anemia, kehamilan, tekanan darah rendah, patah tulang rusuk, penyakit jantung, dan lain-lain.

Penyebab lain kenapa dada sering sesak bisa disebabkan kondisi jantung dan paru-paru penderita. Sebaiknya segera konsultasi dan lakukan pemeriksaan pada dokter bila sesak napas sering terjadi dan mengganggu kesehatan Anda. Mengenali faktor penyebab bisa memberikan informasi mengenai cara penanganan yang benar. Berikut beberapa cara mengatasi sesak napas yang Anda derita yaitu :

1. Menghindari unsur pemicu alergi

Bila Anda mengalami sesak napas karena alergi atau asma, sebaiknya hindari hal-hal yang bisa menyebabkan masalah tersebut seperti debu, polusi, asap rokok, bulu hewan peliharaan, tanaman yang punya serbuk sari, dan hewan parasit kutu atau tungau.

2. Konsumsi obat

Pastikan melakukan pemeriksaan pada dokter agar mendapatkan resep obat yang tepat seperti dekongestan dan antihistamin untuk orang yang alami sinusitis.

3. Membawa obat hirup ke mana-mana

Penderita asma atau kondisi penyakit pernapasan lain wajib membawa obat hirup ke mana-mana. Pastikan obat hirup memiliki pasokan oksigen yang memadai agar tidak terjadi risiko buruk yang tidak diinginkan.

4. Berhenti merokok

Agar sistem pernapasan Anda tidak alami gangguan, maka pastikan diri Anda menjalani hidup yang sehat dan bebas rokok. Rokok mengandung tar, nikotin dan zat berbahaya lain yang bisa menyebabkan Anda mengalami masalah pernapasan, kanker paru, penyakit jantung, dan risiko komplikasi kesehatan lain.

5. Menjalani pola hidup sehat

Bila sesak napas sering terjadi pada Anda yang mengalami obesitas, maka mulai upayakan pola hidup sehat dengan diet seimbang. Lakukan olahraga secara rutin agar bisa menurunkan berat badan lebih baik lagi. Faktor berat badan yang ideal akan membuat Anda bisa melakukan aktivitas harian lebih lancar tanpa alami gangguan pernapasan. Memakai bra dan pakaian yang terlalu ketat juga bisa menyebabkan dada Anda terasa lebih sesak.

Selain beberapa cara mengatasi sesak napas karena penyebab tertentu, ada baiknya Anda juga mengetahui sesak napas terjadi pada orang yang tinggal di daerah bersuhu dingin. Jika Anda tinggal di ketinggian atau lebih dari 1.500 mdpl, sebaiknya usahakan tidak melakukan aktivitas terlalu berat agar tidak mengalami masalah pernapasan. Jaga tubuh senantiasa hangat dan konsumsi makanan bernutrisi agar tubuh lebih sehat setiap hari.

Kenapa dada sering sesak perlu segera dilakukan pemeriksaan fisik dan beberapa tes yang mendukung, misalnya tes darah, rontgen, CT-Scan, dan tes pernapasan spirometri atau tes untuk mengetahui seberapa banyak serta kecepatan hembusan napas yang bisa Anda keluarkan ke dokter terdekat. Yuk, jaga kesehatan pernapasan Anda agar terbebas dari risiko penyakit alergi, serangan asma, paru-paru, dan jantung!

Belum ada Komentar untuk "Ketahui Penyebab Dada Sering Sesak dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel