Yuk Kenali Penyebab Batu Ginjal Yang Jarang Diketahui

Sebagai organ ekskresi pada manusia, tentunya ginjal bisa mengalami berbagai gangguan.Salah satu jenis masalah yang sering menghinggapi organ uropoetica ini adalah batu ginjal.
 
Kondisi tersebut bisa terjadi karena adanya endapan kalsium, oksalat dan mineral lainnya, yang memadat dan berbentuk seperti batu kerikil.Keadaan ini bisa terjadi karena berbagai faktor. Selain anda harus tahu gejala batu ginjal, juga perlu mengenal penyebabnya agar bisa melakukan pencegahan sejak dini.
 

Faktor Pemicu Batu Ginjal

 

1. Kurang Minum Air Mineral

Penyakit ini muncul karena adanya endapan mineral yang memadat dan membentuk seperti batu pada ginjal.Salah satu yang menjadi penyebab penyakit ini adalah karena kebiasaan kurang konsumsi air mineral.Seperti yang telah diketahui, sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air.Maka dari itu, kebutuhan cairan tubuh seharusnya tercukupi dengan baik. Dimana, kekurangan cairan dalam tubuh akan menimbulkan dehidrasi.
 
Selain itu, tidak tercukupinya cairan tubuh juga akan memicu terjadinya pengkristalan mineral, karena tidak adanya zat yang mampu melarutkan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk selalu mengkonsumsi air minum setidaknya 2 liter tiap hari.Tak hanya itu, sangat disarankan untuk meningkatkan asupan air mineral apabila banyak mengeluarkan keringat, urin berwarna pekat, dan setelah mengkonsumsi obat-obatan.
 

2. Terlalu Banyak Konsumsi Garam

Bagi sebagian orang, makanan yang mengandung tinggi garam dan sodium tentunya sangat terasa gurih dan lezat.Tak hanya orang dewasa saja, bahkan anak kecil juga menyukai rasa makanan tersebut.Akan tetapi, perlu diketahui jika konsumsi kudapan tersebut bisa memicu penyebab batu ginjal.Hal tersebut karena zat ini bisa mengalami pengendapan di organ uropoetica.
 
Oleh karena itu, untuk menghindari kondisi yang tidak diinginkan maka sangat disarankan untuk mengurangi penggunaan serta membatasi konsumsi makanan yang tinggi garam.Jenis kudapan yang harus dihindari adalah makanan kaleng, roti, makanan cepat saji, dan minuman bersoda. Mengkonsumsi hidangan yang bergaram tinggi akan meningkatkan potensi pembentukan batu kalsium, apalagi jika tidak diimbangi dengan air minum yang cukup.
 

3. Banyak Konsumsi Makanan Yang Mengandung Protein Hewani

Tak hanya makanan bergaram tinggi, terlalu banyak mengkonsumsi kudapan yang mengandung protein hewani juga bisa memicu timbulnya batu ginjal.Golongan bahan yang perlu dihindari adalah daging merah dan kerang. Selain meningkatkan asam urat, kedua jenis kudapan tersebut juga mampu menurunkan kandungan sitrat serta menambah kadar asam pada urin.
 
Peningkatan kadar asam urat biasanya akan mengakibatkan gangguan asam urat di persendian, sehingga membuat penderita merasa sakit pada anggota geraknya. Namun, selain gangguan tersebut ternyata peningkatan asam urat juga menjadi faktor penyebab batu ginjal yang jarang diketahui oleh orang.Maka dari itu, untuk mencegahnya disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan tersebut.
 

4. Konsumsi Oksalat Yang Tinggi

Sebenarnya, penyakit batu ginjal bisa dibedakan berdasarkan jenis mineral yang membentuknya.Umumnya, jenis gangguan ginjal yang sering ditemui tersebut disebabkan karena campuran kalsium dan oksalat yang menyatu, ketika ginjal memproduksi urin. Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan yang tinggi akan senyawa oksalat secara berlebihan sangat tidak dianjurkan.
 
Biasanya, kudapan yang kaya akanoksalat bisa ditemukan pada kelompok sayuran dan buah, seperti bayam, buah bit, belimbing, dan sebagainya. Bahkan beberapa jenis kacang-kacangan tertentu juga sarat akan senyawa oksalat. Sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi kudapan tinggi oksalat bersamaan dengan makanan tinggi kalsium, karena hal tersebut bisa membantu tubuh memproses oksalat dan mengikat kalsium di ginjal.
 

5. Kondisi Medis Tertentu

Penyebab batu ginjal juga bisa terjadi karena adanya kondisi medis tertentu, seperti gangguan pencernaan, diabetes tipe 2, hiperparatiroidisme, asam urat dan lainnya.selain itu, mengkonsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat diuretic, antibiotic, dan sebagainya juga berpotensi meningkatkan resiko terjadinya batu ginjal. Oleh karena itu, jika mengkonsumsi obat tersebut, imbangi dengan konsumsi air yang lebih banyak.
 
Terdapat banyak faktor yang bisa memicu munculnya batu ginjal. Oleh karena itu, agar organ uropoetica tersebut terbebas dari berbagai gangguan, ada baiknya untuk selalu menjaganya dengan cara menerapkan pola hidup sehat. Untuk terhindar dari batu ginjal, maka anda harus lebih banyak konsumsi air mineral, supaya zat yang mudah mengendap bisa terlarut dengan baik. Selain itu, kurangi konsumsi makanan yang mengandung oksalat tinggi.

Belum ada Komentar untuk "Yuk Kenali Penyebab Batu Ginjal Yang Jarang Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel