Tips Berjemur Sinar Matahari Secara Benar Agar Terlindungi dari Infeksi Coronavirus

Tips-Berjemur-Sinar-Matahari-Secara-Benar-Agar-Terlindungi-dari-Infeksi-Coronavirus

Kemunculan virus jenis baru yaitu Coronavirus memang cukup meresahkan banyak orang, karena ia berubah menjadi pandemi yang begitu mematikan, menjangkiti seluruh dunia. Sehingga kemudian banyak masyarakat yang mewaspadai agar tidak sampai tertular oleh virus yang menyerang sistem pernapasan ini. mengingat dampaknya sangatlah berbahaya. Apalagi ia juga bisa menyebabkan kematian jika seandainya tidak ditangani dengan tepat.

Banyak faktanya upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk bisa mengurangi jumlah atau angka penyebarannya, diantaranya adalah dengan memulai kebijakan work from home, kemudian juga membuat kebijakan agar anak sekolah belajar dari rumah atau istilahnya adalah daring sampai dengan banyak menutup tempat hiburan dan juga tempat makan. Hanya saja jika seandainya tidak diimbangi dengan kesadaran masyarakat untuk mencegahnya tentu kurang efektif bukan hasil yang diterima.

Hendaknya Anda sendiri juga mengikuti aturan-aturan yang telah berlaku. Termasuk diantaranya adalah dengan menjaga kebersihan, rutin dalam cuci tangan menggunakan sabun untuk mencegah penularannya. Biasakan diri untuk menggunakan masker ketika keluar rumah dan yang tidak kalah penting adalah sebisa mungkin menjaga kontak dengan orang lain atau istilahnya adalah social distancing, hindari kerumunan. Anda sendiri juga perlu meningkatkan sistem imuns dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat, kemudian diimbangi pula dengan melakukan aktivitas yaitu olahraga dan cobalah untuk berjemur di pagi hari.

Berjemur pada sinar matahari memiliki manfaat yaitu untuk membawa sinar ultraviolet B yang nantinya akan bekerjasama dengan kolesterol di bagian bawah permukaan kulit untuk membentuk vitamin D3. Dari vitamin D ini yang nantinya memiliki peran begitu penting dalam meningkatkan di sistem imuns atau kekebalan tubuh, sehingga tidak akan mudah sakit. Berikut ini diantaranya juga ada tips berjemur di pagi hari yang sehat dan bisa Anda terapkan, yaitu:
  1. Waktu ideal untuk berjemur diantaranya adalah pada pukul 8 hingga 11 pagi, mengingat memang pada jam-jam tersebut sebenarnya paparan dari provitamin D juga cukup mendominasi, jika dibandingkan dengan ultraviolet, namun tetap ada sinar UV juga disana.
  2. Sebaiknya jangan lama-lama dalam berjemur, durasi paling tepat jika seandainya ingin berjemur adalah sekitar 15 menit, dalam kondisi terik matahari. Sehingga nantinya Anda bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal, apalagi untuk kesehatan tubuh.
  3. Hendaknya jangan menggunakan topi, jika seandainya mengenakan topi, maka Anda tidak akan mendapatkan manfaat secara optimal, karena sinar matahari tersebut hanya akan mengenai setidaknya 60 persen dari bagian tubuh Anda. Namun juga tidak harus telanjang, cukup dengan memakai kaos lengan pendek dan juga celana pendek saja Anda bisa menikmati waktu untuk berjemur yang tepat.
  4. Gunakan kacamata hitam, untuk mencegah sinar UV nantinya masuk kedalam mata, juga agar Anda bisa lebih nyaman di dalam berjemur maka tidak ada salahnya untuk menggunakan kacamata hitam. Carilah yang agaknya menyediakan perlindungan dari sinar UV A dan juga UV B, karena dapat mengurangi resiko kerusakan mata.
  5. Pakailah tabir surya, sedangkan untuk mencegah kulit agar tidak sampai terbakar oleh sinar matahari, maka tidak ada salahnya bagi Anda di dalam menggunakan tabir surya, ini juga akan melindungi kulit agar tetap sehat. 
Mudah bukan, lakukan secara teratur untuk melindungi diri Anda dari infeksi Coronavirus, karena memang manfaatnya bisa meningkatkan sistem imuns. Tak hanya Covid 19, melainkan juga dapat melindungi dari resiko infeksi yang lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Tips Berjemur Sinar Matahari Secara Benar Agar Terlindungi dari Infeksi Coronavirus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel