Penghargaan Ecovillage Award Jabar Untuk 2 Desa di Pangandaran

Penghargaan-Ecovillage-Award-Jabar-Untuk-2-Desa-di-Pangandaran

Penghargaan Ecovillage Award Jabar merupakan sebuah penghargaan yang diberikan oleh Gubernur Jawa Barat demi meningkatkan pembangunan di desa yang berlokasi dekat sungai. Dengan penghargaan tersebut diharapkan desa-desa di daerah sungai yang ada di wilayah Jawa Barat dapat tertata dengan baik. Penghargaan ini diikuti oleh banyak sekali desa yang berada di Provinsi Jawa Barat. 

Kabupaten Pangandaran sendiri mengirimkan beberapa desanya untuk mengikuti ajang ini. Tidak pulang hanya dengan tangan kosong, 2 desa di Kabupaten Pangandaran berhasil meraih penghargaan terbaik. 

Penghargaan Ecovillage Award Jabaruntuk Kabupaten Pangandaran 

Penghargaan Ecovillage Award Jabar diumumkan pada tanggal 31 Oktober 2019 oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat. Acara tahunan ini diselenggarakan di kota Purwakarta Jawa Barat dengan lancar dan sesuai harapan. Dilansir dari harapanrakyat.com, Kabupaten Pangandaran berhasil membawa pulang beberapa penghargaan sebagai berikut ini : 

1. Penghargaan Kategori Desa Ecovillage 

Kabupaten Pangandaran mengirimkan sebanyak 8 Desa dari 3 Kecamatan untuk mengikuti Penghargaan EcovillageAward. Pangandaran memang menjadi salah satu kabupaten yang selalu aktif mengikuti ajang ini. Bimbingan, pembinaan serta edukasi diberikan kepada desa-desa yang diikutsertakan demi raihan hasil yang maksimal. Pasalnya terdapat puluhan Kabupaten lain yang ikut serta dalam ajang ini sehingga persaingan yang terjadi cukup ketat. 

Bimbingan dan pembinaan yang diberikan pemerintah Kabupaten Pangandaranpada desa-desa yang akan mengikuti Penghargaan Ecovillage Award Jabar akhirnya membuahkan hasil. Dari delapan desa yang mengikuti ajang tersebut, 2 desa yang ada di Kabupaten Pangandaran berhasil memenangkan penghargaan EcovillageAward. Kedua desa tersebut adalah Desa Sukanagaraserta Desa Paledah yang berada di Kecamatan Padaherang. 

2. Program Ecovillage 

Selain penghargaan EcovillageAward, beberapa desa di Kabupaten Pangandaran juga menerima program Ecovillage. Beberapa desa tersebut diantaranya yaitu Desa Pamotan, Desa Kalipucang, Desa Sukanagara, dan Desa Paledah. Setiap desa yang mendapatkan program Ecovillage telah diberi edukasi tentang penghijauan baik dari Dinas Lingkungan Hidup maupun Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 

Program Ecovillage di desa-desa tersebut diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan untuk mendapatkan lingkungan yang lebih baik. Program ini juga bertujuan untuk mengembalikan nilai gotong-royong dalam masyarakat yang kini sudah mulai hilang seiring perkembangan jaman. Selain itu masyarakat juga bisa lebih mandiri dan tidak selalu mengandalkan pemerintah dengan program-program yang ada. 

3. Pembina Ecovillage Terbaik Se Jawa Barat 

Kabupaten Pangandaran tidak hanya mendapatkan penghargaan untukkategori desa saja namun juga mendapatkan penghargaan membanggakan lainnya. Atikah yang merupakan Kepala Bidang Pengendalian Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menyebutkan bahwa Bupati Pangandaran yaitu Pak Jeje mendapatkan penghargaan sebagai Pembina Ecovillage Terbaik Se Jawa Barat. 

Penghargaan tersebut tentu saja cukup membanggakan bagi masyarakat dan pemerintah Pangandaran yang telah bersama-sama melakukan persiapan matang demi hasil yang maksimal. Atikah menambahkan bahwa penghargaan Ecovillage Award Jabar ini dinilai oleh juri professional yang berasal dari tingkat provinsi langsung. Oleh sebab itu, kemenangan tersebut patut untuk dibanggakan oleh masyarakat dan pemerintah Pangandaran. Dengan penghargaan yang didapatkan, pemerintah Kabupaten Pangandaran mengharapkan hasil yang lebih baik di perhelatan selanjutnya. 

4. Penghargaan Lain 

Berdasarkan informasi yang diberikan oleh KabidPengendalian Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup (DLH), pemerintah Kabupaten Pangandaran masih mendapatkan beberapa penghargaan lain selain penghargaan untuk kategori desa dan pembina terbaik. Penghargaan tersebut diberikan kepada Alang-alang Kumitir, Warino si Kepis, serta Si Klasik yang berasal dari Kecamatan Kalipucang. 

Mereka mendapatkan penghargaan atas kerja keras dan peran aktifnya dalam membantu program Ecovillage. Kesuksesan yang didapatkan dalam program tersebut tentu saja atas dukungan orang-orang seperti Alang-alang Kumitir, Warino Si Kepis, dan Si Klasik. Dengan bantuan dan kerja keras mereka,Ecovillage menjadi program yang dapat berjalan dengan baik sehingga menjadikan desa-desa di Jawa Barat sebagai desa yang hijau dengan lingkungan yang lebih lestari. 

Itulah beberapa penghargaan yang berhasil diraih oleh Kabupaten Pangandaranpada perhelatan EcovillageAward di tahun 2019. Penghargaan yang didapatkan tersebut menjadi sebuah kebanggaan bagi pemerintah dan masyarakat Pangandaran. Semoga penghargaan Ecovillage Award Jabar yang diterima oleh Kabupaten Pangandaran mampu meningkatkan pembangunan desa di dekat sungai menjadi semakin baik.

Belum ada Komentar untuk "Penghargaan Ecovillage Award Jabar Untuk 2 Desa di Pangandaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel