Berikut Penyebab Flek Coklat Setelah Haid


Sudah pernahkah Anda temukan flek cokelat di celana dalam, walau sebenarnya haid telah usai? Tidak butuh langsung berpikir aneh-aneh. Ini benar-benar normal berlangsung selama tidak dibarengi tanda-tanda lain yang meresahkan. Bila memang benar ada tanda-tanda yang membuat Anda tidak nyaman, awalilah waspada. Supaya tidak bertanya-tanya sendiri, tersebut beberapa hal yang perlu untuk diketahui tentang munculnya flek cokelat sesudah haid. 

Pemicu flek cokelat sesudah haid 

Timbulnya flek cokelat sesudah haid punyai banyak makna. Tersebut beberapa unsur yang mengakibatkan kehadirannya: 

1. Tersisa darah di rahim 

Flek cokelat yang keluar biasanya adalah darah tersisa haid lalu yang ketinggalan serta baru dikeluarkan. 

Tampilan darah tersisa umumnya berwarna lebih gelap dibandingkan darah haid umumnya. Warna flek darah yang keluar ini tidak merah jelas sebab telah teroksidasi sesudah mengendap lama di rahim. Teksturnya terkadang lebih kental lengket, bergumpal, atau kering. 

Umumnya wanita alami flek cokelat dalam 1-2 sesudah haid usai. Beberapa yang lain alami flek cokelat yang “datang serta pergi” sepanjang satu atau dua minggu. 

Timbulnya flek tersisa darah haid yang tempo hari ialah kejadian umum. Keadaan ini sangat normal serta tak perlu dibawa ke dokter. Flek akan berhenti luruh sendiri seiring berjalannya waktu. Semua bergantung pada sebegitu baik potensi rahim meluruhkan lapisannya keluar dari badan. 

2. Resikonya KB hormonal 

Type kontrasepsi hormonal seperti Pil KB, cincin vagina, serta IUD dapat menyebabkan munculnya flek cokelat sesudah haid usai. 

Flek cokelat karena KB condong ada jadi perwujudan dari haid yang tidak teratur. Namun, tidak butuh cemas sebab keadaan ini benar-benar normal. 

Keluarnya bercak berwarna gelap umumnya dikarenakan oleh kandungan estrogen yang rendah di badan. Ini membuat susunan uterus jadi kurang konstan, hingga membuat flek cokelat keluar dari vagina. 

Anda dapat minta dokter untuk ganti alat kontrasepsi bila tidak nyaman dengan munculnya flek cokelat. Umumnya dokter akan cari pilihan lain yang mempunyai resikonya paling dikit untuk Anda. 

3. Sinyal hamil 

Munculnya bercak cokelat bisa saja berita menyenangkan untuk Anda yang sedang menunggu kedatangan buah hati. Bila flek cokelat terutamanya ada sesudah Anda lama telat haid, ini bisa saja sinyal kehamilan. 

Munculnya flek sinyal hamil disebutkan dengan perdarahan implantasi. Berarti, sel telur telah dibuahi serta tertanam di susunan rahim. Saat sel telur itu tertanam, rahim akan alami perdarahan mudah yang terkadang berwarna cokelat. 

Tetapi supaya lebih meyakini flek itu mengisyaratkan kehamilan, lihat tanda-tanda lain yang umumnya tampil di awal kehamilan: 
  • Gampang capek 
  • Payudara berasa sakit serta kencang 
  • Mual serta muntah (morning sickness) 
  • Pusing 
  • Mood gampang beralih 
Untuk pastikan kehamilan, Anda dapat cek sendiri dengan gunakan test pack di dalam rumah atau pergi ke dokter kandungan. 

4. Perimenopause 

Perimenopause ialah babak pengalihan ke arah menopause yang biasanya akan dihadapi wanita mendekati umur paruh baya. 

Perimenopause umumnya mulai seputar 10 tahun sebelum Anda “resmi” menopause. Menopause tersebut biasanya mulai di tenggang umur 50 tahun. Karena itu, seseorang wanita mulai bisa alami gejala-gejalanya di umur 40-an. 

Kandungan estrogen akan naik serta turun selama saat perimenopause. Ini membuat siklus haid Anda beralih, yang terkadang mengakibatkan keluarnya flek cokelat sesudah haid. 

Flek cokelat yang keluar sepanjang perimenopause dapat dikit serta berjalan lama atau sebaliknya, banyak serta sesaat. Semua bergantung pada keadaan badan semasing orang. 

Tidak hanya flek cokelat, tanda-tanda perimenopause yang lain yakni: 

  • Hot flashes (sensasi panas dari pada tubuh) 
  • Sulit tidur 
  • Vagina kering 
  • Hasrat sex alami penurunan 
  • Situasi hati atau mood gampang beralih 

5. Sindrom ovarium polikistik (PCOS) 

Polycystic ovary syndrome atau PCOS ialah masalah kesetimbangan hormon badan wanita. PCOS biasanya diikuti dengan kandungan hormon lelaki (testosteron serta androgen) yang begitu tinggi. 

Satu diantara perwujudan dari tidak seimbangan hormon ini ialah siklus menstruasi yang kalut, terhitung keluarnya flek cokelat sesudah haid. 

Timbulnya flek cokelat sesudah haid seringkali dihadapi oleh wanita yang mempunyai PCOS. Diluar itu, wanita dengan PCOS akan alami beberapa tanda-tanda misalnya: 
  • Timbulnya rambut berlebihan di ruang muka, dada, serta punggung 
  • Obesitas 
  • Muka condong berjerawat 
  • Timbulnya kista di ovarium 
  • Haid tidak teratur ataukah tidak haid benar-benar (amenore) 
Tidak didapati tentu apa yang mengakibatkan PCOS. Tetapi, ada kuat dugaan jika gen, resistensi insulin, serta peradangan dapat menyebabkan PCOS. Wanita yang mempunyai bagian keluarga pengidap PCOS diadukan beresiko tambah tinggi untuk alami permasalahan yang sama. 

Resistensi insulin tersebut ialah keadaan waktu pankreas membuahkan semakin banyak insulin, tapi beberapa sel badan tidak bisa memakainya secara baik. Insulin penambahan berikut yang membuat ovarium membuahkan semakin banyak hormon pria penyebab tanda-tanda PCOS. 

Selain itu, riset yang diedarkan dalam jurnal Steroids menyebutkan reaksi peradangan berlebihan di badan dapat tingkatkan kandungan androgen. 

Wanita dengan PCOS condong alami kesusahan untuk punyai anak. Tetapi, dengan penyembuhan yang pas kesempatan hamil bisa dinaikkan. 

Obat-obatan yang memiliki kandungan hormon estrogen serta progesteron umumnya jadi pilihan untuk wanita dengan PCOS. 

6. Infeksi menyebar seksual 

Tanda-tanda paling umum dari infeksi menyebar seksual (IMS) ialah keputihan tidak normal yang bau busuk. Tetapi, beberapa macam IMS dapat juga menyebabkan keluarnya bercak atau flek di luar waktu haid. Beberapa penyakit yang umumnya diikuti dengan permasalahan ini yakni: 
  • Klamidia 
  • Gonore 
  • Bacterial vaginosis 
Tidak hanya flek cokelat, kehadiran infeksi menyebar seksual pada tubuh diikuti dengan beberapa tanda-tanda misalnya: 
  • Vagina berasa gatal 
  • Sakit waktu buang air kecil 
  • Sakit waktu melakukan hubungan intim 
  • Ngilu panggul 
  • Flek cokelat atau cairan yang keluar bau tidak enak

Belum ada Komentar untuk "Berikut Penyebab Flek Coklat Setelah Haid"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel